Sunday, November 24, 2013

The Asian Media Information and Communication Centre (AMIC)

Amic adalah sebuah LSM nonprofit dan organisasi amal yang telah terdaftar di Singapura. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menjadi pioneer perkembangan media dan keahlian komunikasi di Asia dalam konteks pembangunan ekonomi sosial dan budaya.
Amic didirikan dengan bantuan sokongan dana dari Friedrich-Ebert-Stiftung (FES), sebuah yayasan kepentingan publik di Jerman. Fes memberikan pendanaan awal dari tahunn 1970 hingga tahun 2000. Fes merupakan partner kunci yang terus memperluas dukungannya melalui pendanaan proyek. Amic terletak di Wee Kim Wee School of Communication and Information di Nanyang Technological University yang prestisius di Singapura. Pemerintah Singapura juga memberikan dukungannya terhadap Amic melalui pembebasan biaya bagi kantor Amic, komitmen pemerintah Singapura untuk mendukung adanya sebuah organisasi media regional mengakibatkan organisasi ini tetap eksis. Akan tetapi Amic tetaplah sebuah institusi independen yang mencakup dinamika asia pasifik dan sekitarnya.

Amic merupakan sebuah fenomena unik dikarenakan Amic merupakan satu-satunya organisasi media dan komunikasi regional yang ada di dunia. Berdiri sejak 1971 dan terua berupaya mendorong adanya tanggung jawab sosial media untuk mendukung akses demokrasi dan turut berpartisipasi dalam perkembangan perkembangan media itu sendiri. Selain itu mereka juga bekerja untuk mengakomodir kesempatan pemberdayaan pihak-pihak yang lemah dalam dunia komunikasi dan media. Mereka menunjukkan perannya dalam berbagai bentuk, sebagai sebuah lebaga riset Amic mengkaji isu kritis dalam sektor komunikasi dan media serta implikasinya terhadap pembangunan. Amic juga telah mengumpulkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang komunikasi dan dampaknya di Asia dengan melakukan pelatihan dan konsultasi profesional yang aktif dalam pengembangan kapasitas bagi media dan penggunanya. AMIC telah tak tergoyahkan dalam komitmennya di sektor ini dan selama bertahun-tahun telah memperluas basis keahlian untuk mencakup tantangan baru yang mencerminkan adegan perubahan dalam media dan masyarakat pada umumnya.
Salah satu kekuatan kunci AMIC adalah bahwa, selain memiliki mitra pembangunan utama dan kemampuan akademis yang kuat, mereka juga secara aktif terlibat dalam kerja sama dengan industri dalam memfasilitasi kegiatan industri yang berdedikasi tinggi. Peristiwa ini secara sadar dirancang dan direncanakan untuk membawa industri, mitra pembangunan, LSM dan pemangku kepentingan individu bersama-sama untuk berbagi perspektif , tantangan , dan praktik terbaik. Dengan cara ini, AMIC telah berhasil mengurangi hambatan dan telah berperan dalam memfasilitasi penyebarluasan pengetahuan, kolaborasi dan pelatihan bagi mereka yang membutuhkan.
Misi
Membesarkan dan mempromosikan riset media dan komunikasi, kapasitas pembangunan, menjembatani pengetahuan dan diskusi sesama akademisi, industri,pemerintah dan masyarakat luas.
Visi
Menjadi institusi utama untuk edukasi media dan komunikasi di Asia, serta riset dan perkembangan profesional

No comments:

Post a Comment