Amic
adalah sebuah LSM nonprofit dan organisasi amal yang telah terdaftar di
Singapura. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menjadi pioneer perkembangan
media dan keahlian komunikasi di Asia dalam konteks pembangunan ekonomi sosial
dan budaya.
Amic
didirikan dengan bantuan sokongan dana dari Friedrich-Ebert-Stiftung (FES),
sebuah yayasan kepentingan publik di Jerman. Fes memberikan pendanaan awal dari
tahunn 1970 hingga tahun 2000. Fes merupakan partner kunci yang terus
memperluas dukungannya melalui pendanaan proyek. Amic terletak di Wee Kim Wee
School of Communication and Information di Nanyang Technological University yang
prestisius di Singapura. Pemerintah Singapura juga memberikan dukungannya
terhadap Amic melalui pembebasan biaya bagi kantor Amic, komitmen pemerintah
Singapura untuk mendukung adanya sebuah organisasi media regional mengakibatkan
organisasi ini tetap eksis. Akan tetapi Amic tetaplah sebuah institusi
independen yang mencakup dinamika asia pasifik dan sekitarnya.
Amic merupakan sebuah fenomena unik
dikarenakan Amic merupakan satu-satunya organisasi media dan komunikasi
regional yang ada di dunia. Berdiri sejak 1971 dan terua berupaya mendorong
adanya tanggung jawab sosial media untuk mendukung akses demokrasi dan turut
berpartisipasi dalam perkembangan perkembangan media itu sendiri. Selain itu
mereka juga bekerja untuk mengakomodir kesempatan pemberdayaan pihak-pihak yang
lemah dalam dunia komunikasi dan media. Mereka menunjukkan perannya dalam
berbagai bentuk, sebagai sebuah lebaga riset Amic mengkaji isu kritis dalam
sektor komunikasi dan media serta implikasinya terhadap pembangunan. Amic juga
telah mengumpulkan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang komunikasi dan
dampaknya di Asia dengan melakukan pelatihan dan konsultasi profesional yang
aktif dalam pengembangan kapasitas bagi media dan penggunanya. AMIC telah tak
tergoyahkan dalam komitmennya di sektor ini dan selama bertahun-tahun telah
memperluas basis keahlian untuk mencakup tantangan baru yang mencerminkan
adegan perubahan dalam media dan masyarakat pada umumnya.
Salah satu kekuatan kunci AMIC adalah bahwa, selain
memiliki mitra pembangunan utama dan kemampuan akademis yang kuat, mereka juga
secara aktif terlibat dalam kerja sama dengan industri dalam memfasilitasi kegiatan
industri yang berdedikasi tinggi. Peristiwa ini secara sadar dirancang dan direncanakan
untuk membawa industri, mitra pembangunan, LSM dan pemangku kepentingan
individu bersama-sama untuk berbagi perspektif , tantangan , dan praktik
terbaik. Dengan cara ini, AMIC telah berhasil mengurangi hambatan dan telah
berperan dalam memfasilitasi penyebarluasan pengetahuan, kolaborasi dan
pelatihan bagi mereka yang membutuhkan.
Misi
Membesarkan
dan mempromosikan riset media dan komunikasi, kapasitas pembangunan,
menjembatani pengetahuan dan diskusi sesama akademisi, industri,pemerintah dan
masyarakat luas.
Visi
Menjadi institusi utama untuk edukasi media dan
komunikasi di Asia, serta riset dan perkembangan profesional
No comments:
Post a Comment