Definisi
Komunikasi kesehatan
Komunikasi
kesehatan adalah studi yang mempelajari bagaimana cara menggunakan strategi
komunikasi untuk menyebarluaskan informasi kesehatan yang dapat mempengaruhi
individu dan komunitas agar mereka dapat membuat keputusan yang tepat berkaitan
dengan pengelolaan kesehatan. Studi yang menekankan peranan teori komunikasi
yang dapat digunakan dalam penelitian dan praktek yang berkaitan dengan promosi
kesehatan dan pemeliharaan kesehatan. Proses untuk mengembangkan atau membagi
pesan kesehatan kepada audiens dengann maksud mempengaruhi pengetahuan, sikap
dan keyakinan mereka tentang pilihan perilaku hidup sehat. Dari berbagai definisi dapat disimpulkan
bahwa komunikasi kesehatan meliputi unsur-unsur:
1. Proses
komunikasi manusia (human communication) demi mengatasi masalah kesehatan.
Komunikasi yang sama dengann komunikasi pada umumnya, yaitu ada komunikator
kesehatan, komunikan, pesan, media, efek, ada konteks komunikan kesehatan.
Beroperasi pada level atau konteks komunikasi antar personal, kelompok,
organisasi, publik dan komunikasi masa. Belajar memanfaatkan
strategi komunikasi. Belajar tentang peranan teori komunikasi dalam
penelitian dan praktek yang berkaitan dengan promosi kesehatan dan pemeliharaan
kesehatan. Penyebar luasan informasi tentang kesehatan.
2. Keterpengaruhan
dari individu dan komunitas dalam pembuatan keputusan yang berkaitan dengann
kesehatan. Pemanfaatan media dan tehnologi komunikasi dan tehnologi informasi
dalam penyebarluasan informasi kesehatan. Pengubahan kondisi yang kondusif yang
memungkinkan tumbuhnya kesehatan manusia dan lingkungannya. Variasi interaksi
dalam kerja kesehatan misalnya komunikasi dengann pasien diklinik, self help
groups, mailings,hotlines, kampanye media massa hingga penciptaan peristiwa.
Tujuan
komunikasi kesehatan
Pada umumnya program-program yang
berkaitan dengann komunikasi kesehatan yang dirancang dalam bentuk paket acara
atau paket modul dpt berfungsi utk :
1. Relay
information, meneruskan informasi kesehatan dari suatu sumber kepada pihak lain
secara
berangkai ( hunting ).
2. Enable
informed decision making – memberikan informasi akurat utk memungkinkan
pengambilan
keputusan.
3. Promote
peer information exchange and emotional support – mendukung pertukaran pertama
dan
mendukung secara emosional pertukaran informasi kesehatan.
4. Promote
healthy behavior – informasi utk memperkenalkan perilaku hidup sehat.
5. Promote
self care – memperkenalkan pemeliharaan kesehatan diri sendiri.
6. Manage
demand for health services- memenuhi permintaan layanan kesehatan.
Perlunya
Komunikasi Kesehatan di Bidang Kesehatan
Komunikasi
Kesehatan menjadi semakin populer dalam upaya promosi kesehatan selama 20 tahun
terakhir. Contoh, komunikasi kesehatan memegang peranan utama atau
pengontribusi dalam pemenuhan 219 dari 300 tujuan khusus dalam Healthy People
2010. Apabila digunakan secara tepat, komunikasi kesehatan dapat mempengaruhi
sikap, persepsi, kesadaran, pengetahuan dan norma sosial yang kesemuanya
berperan sebagai precursor dapa perubahan prilaku. Komunikasi kesehatan sangat
efektif dalam mempengaruhi prilaku karena didasarkan pada psikologi sosial,
pendidikan kesehatan, komunikasi massa, dan pemasaran untuk mengembangkan dan
menyampaikan promosi kesehatan dan pesan pencegahan –pencegahan.
Karya
awal yang mempengaruhi perkembangan komunikasi kesehatan di susun oleh National
Cancer Institute (NCI) dan diberi judul Making Health Communication Programs
Work: A Planner’s Guide. Panduann ini menyatakan bahwa bidang ilmu seperti
pendidikan kesehatan, pemasaran sosial, dan komunikasi massa secara bersama
mendefinisikan komunikai kesehatan. Bukan hal luar biasa apabila mendengar
peryataan bahwa komunikasi kesehatan bahkan merupakan nama yang lebih baik untuk
profesi daripada promosi kesehatan atau pendidikan kesehatan bahwa segala
sesuatu yang dilakukan dalam promosi kesehatan melibatkan komunikasi untuk
kesehatan. Kenyataannya, komunikasu kesehatan telah didefinisikan secara luas
oleh Everett Rogers, seorang pelopor dalam bidang komunikasi, sebagai segala
jenis komunikasi manusia yang berhubungan dengan kesehatan.
Komunikasi
kesehatan juga dapat mencerminkan bagaimana persoalan kesehatan diterima oleh
audiens tertentu. Contoh, NCI mendefinisikan komunikasi kesehatan sebagai seni
dan teknik menyampaikan informasi, mempengaruhi, dan memotivasi individu,
institusi, dan audiens public tentang pentingnya persoalan kesehatan. The
Centers of Disease Control and Prevention (CDC) mendefinisikan komunikasi
kesehatan sebagai suatu ilmu dan sebagai penggunaan strategi komunikasi untuk
menyampaikan informasi dan mempengaruhi keputusan individu dan masyarakat yang
dapat meningkatkan kesehatan. Walau begitu, masih ada orang yang membicarakan
konsep tersebut dengan menekankan berbagai bentuk aplikasinya , termasuk
advokasi media, komunikasi resiko, pendidikan hiburan, materi cetak, dan
komunikasi interaktif.
Jadi, komunikasi
kesehatan diperlukan di bidang kesehatan karena komunikasi dalam kesehatan
merupakan kunci pencapaian peningkatan tarap atau tingkat kesehatan masyarakat.
Sejauh ini komunikasi senantiasa berkembang seiring berkembangnya dunia
teknologi komunikasi. Komunikasi yang dulunya biasa dilakukan dengan penyuluhan yang
secara langsung berhadapan dengan masyarakat dan dilakukan dengan media
audio/radio sekarang lebih popular dengan penyampaian pesan atau informasi
kesehatan melalui media internet maupun media cetak dan elektronik. Tidak hanya
bernilai praktis namun mempunyai nilai ekonomis dan tampilannya lebih menarik.
Media yang berkembang tersebut sangat membantu dalam ketercapaian komunikasi
kesehatan karena tercapai atau tidaknya komunikasi kesehatan lebih dikarenakan
penggunaan media informasi yang tepat, pesan yang sistematis dan mudah
dimengerti.
No comments:
Post a Comment