Sunday, December 8, 2013

Efffendy Gazali







Nama Lengkap : Effendi Ghazali

Alias                  : Effendi, Dek Pendi

Profesi               : Aktor, Dosen

Agama               : Islam
Tempat Lahir    : Padang, Sumatera Barat.
Tanggal Lahir   : 5 Desember 1966





           Effendy Gazali adalah seorang ahli komunikasi politik, beliau mulai dikenal namanya oleh publik karena beliau adalah penggagas dari Republik Mimpi, sebuah parodi mengenai Indonesia dan para presidennya. Pemilik zodiak Sagitarius ini adalah mantan dosen luar biasa pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, beliau memutuskan mundur dari pekerjaannya pada tahun 2011 karena beliau prihatin dengan kepemimpinan rektor UI pada saat itu yang banyak melakukan pelanggaran tata kelola kampus.

            Prestasi yang dimiliki Effendy atau yang lebih akrab dipanggil dek Pendi ini sangat luar biasa. Pria yang memiliki hobi membaca, mengajar, dan berdikusi ini adalah lulusan S1 bidang Komunikasi UI tahun 1990, kemudian mendapatkan gelar master di bidang Komunikasi UI pada tahun 1996 dan master dalam bidang International Development (konsentrasi: International Communication) dari Universitas Cornell Ithaca, New York tahun 2000 dan gelar PhD beliau dapatkan melalui bidang Komunikasi Politik dari Radboud Nijmegen University Belanda tahun 2004,  dengan disertasi "Communication of Politics & Politics of Communication in Indonesia: A Study on Media Performance, Responsibility, and Accountability".
               Selain itu, peneliti terbaik UI tahun 2003 di bidang Social & Humanity ini juga mendapatkan penghargaan dari ICA (International Communication Asociation)  pada ICA Annual Conference, di New Orleans Mei 2004 untuk Research, Teaching & Publication (dari the ICA Instructional & Developmental Division). Tidak hanya aktif di bidang akademik saja, Pak Effendy ini juga aktif di organisasi-organisasi antara lain anggota ICA dan Dewan Nasional Provokasi Indonesia.
 

 
Salah satu episode Republik Mimpi dengan judul "Carbon dan Korupsi Episode 1"

           

  

No comments:

Post a Comment